Mengenal Sistem Informasi Parkir sebelum Memutuskan Melalui Palang Parkir

Mungkin, kamu pernah berada di posisi menyebalkan, seperti tidak menemukan tempat kosong setelah memasuki area parkir tertentu. Nah, dengan menerapkan sistem informasi parkir, tentu saja hal ini dapat dihindari secara efisien. Artinya, orang-orang dapat melihat apakah mereka bisa melalui palang parkir untuk menemukan ruang kosong atau tidak sama sekali.

Di sisi lain, sistem informasi perihal parkir dapat didefinisikan sebagai sistem untuk menginformasikan adanya ketersediaan ruang kosong untuk memarkir kendaraan. Sistem ini biasa diterapkan di kota-kota besar, sebab terdapat keterbatasan mengenai area parkir. Orang-orang dapat memperoleh informasi melalui rambu variabel atau justru menggunakan sistem navigasi kendaraan yang didesain modern.

Urgensi Penerapan Sistem Informasi Parkir

Selain untuk mengetahui apakah Anda dapat melalui palang parkir atau tidak, sistem informasi perihal parkir juga dapat menunjukkan lokasi kosong untuk memarkir kendaraan. Biasanya, hal ini terkait dengan navigasi modern yang ditawarkan berbagai aplikasi, seperti aplikasi cariParkir. Dengan demikian, pengendara dapat menghemat waktu dan tenaga untuk mencari area kosong.

1.      Informasi Parkir Melalui Rambu Variabel

Rambu variabel terkait sistem informasi biasanya berada di pos parkir yang bersebelahan palang parkir di pintu masuk. Pada umumnya, rambu parkir yang kebetulan kosong kerap dipakai sebagai petunjuk variabel untuk mempermudah pengendara menemukan area parkir. Rambu ini juga dipakai oleh gedung-gedung parkir untuk menginformasikan perihal jumlah ruang yang kosong.

Sistem informasi parkir semacam ini, dapat terjadi karena adanya pusat pengendalian lalu lintas. Semua informasi kemudian dikomunikasikan pada kendaraan melalui perangkat khusus yang ada di dalam. Hal ini tergantung pada ketelitian data yang berhasil masuk ke pusat pengendalian atau tergantung pada kondisi lalu lintas area parkir.

2.      Informasi Melalui Internet dan SMS

Tidak hanya melibatkan rambu variabel bersifat lokal, informasi parkir juga melibatkan internet dan SMS yang dinilai memiliki jangkauan yang lebih luas. Apalagi, teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang sampai saat ini, di mana internet menjadi prioritas apabila dibandingkan SMS yang dinilai sedikit tertinggal. Hal ini terkait navigasi kendaraan modern.

Navigasi modern terbukti memberi informasi detail perihal area parkir yang tersedia untuk pengendara, meskipun pengendara sedang berada jauh dari lokasi. Dengan demikian, kamu dapat menentukan tujuan area parkir, bahkan orang-orang juga dapat mem-booking area tertentu. Sistem navigasi modern memang masih terbatas di Indonesia, tetapi hal ini terus berkembang.

3.      Cara Kerja Sistem Informasi

Sistem informasi parkir merupakan bentuk perkembangan parkir yang melibatkan teknologi modern. Selain itu, informasi perihal kosong atau tidaknya sebuah area dapat diperoleh melalui detektor yang terpasang di masing-masing area. Kemudian, informasi tersebut dikirim menuju pusat pengendalian lalu lintas atau rambu variabel yang terpasang di dekat palang.

Detektor memiliki beragam bentuk, seperti loop induksi di area parkir, infra merah, ultra sonic, atau menggunakan kamera video untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan. Kamera ini menghasilkan gambar yang diterjemahkan komputer untuk menentukan apakah area kosong atau tidak. Selanjutnya, data-data tersebut dapat dikomunikasikan dengan pengendara yang berniat melalui palang parkir.

Dengan demikian, mencari informasi sebelum memutuskan melalui palang parkir merupakan hal bijak di zaman modern. Pasalnya, setelah melalui palang parkir dan memperoleh karcis, kamu harus membayar tarif parkir yang ditentukan, meski kamu tidak memperoleh ruang kosong untuk memarkirkan kendaraan. Artinya, sistem informasi parkir benar-benar memiliki urgensi tersendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s