Jenis Operator Gerbang di Lapangan, Nomor 3 Operator Palang Parkir

Gerbang otomatis pada dasarnya membutuhkan operator gerbang untuk meningkatkan keamanan dan membatasi kendaraan yang masuk atau keluar di lingkungan tertentu. Operator dapat didefinisikan sebagai mesin-mesin modern yang mampu berperan untuk membuka atau menutup gerbang. Sedangkan, gerbang-gerbang yang dimaksud adalah gerbang geser otomatis, gerbang ayun otomatis, dan palang parkir otomatis.

Biasanya, operator menempel di kanan atau kiri gerbang untuk membuat gerbang bergerak sesuai sistem. Nah, komponen-komponen operator sering terbungkus dalam kotak besi berwarna cerah. Casing-nya memiliki strength optimal guna melindungi komponen-komponen yang berperan krusial. Operator kerap menggunakan energi listrik untuk membuka atau menutup gerbang sesuai kebutuhan pengelola.

Jenis Operator Gerbang yang Ada di Lapangan

Ternyata, palang parkir dikategorikan sebagai  salah satu jenis gerbang, sebab alat tersebut membatasi area tertentu. Pada umumnya, perbedaan palang parkir dengan gerbang geser dan gerbang ayun terletak pada bentuk dan fungsi khusus alat tersebut, di mana palang parkir memiliki lengan dan mampu berperan optimal untuk membantu aktivitas parkir.

1.      Operator untuk Gerbang Geser

Pernahkan kamu melihat gerbang terbuka secara otomatis melalui pergeseran? Ternyata, gerbang semacam ini disebut sebagai gerbang kantilever atau gerbang yang memiliki jalur overhead. Operator kerap dipilih dengan memperhatikan beberapa aspek, seperti jenis gerbang, panjang gerbang, berat, dan siklus penggunaan gerbang tersebut. Hal ini berkaitan dengan efektifitas kinerja gerbang geser.

Operator gerbang juga bervariasi perihal bentuk-bentuk konfigurasi dan tingkat tegangan. Misalnya adalah operator geser linear dengan diagnostik LED, operator geser LiftMaster  untuk lalu lintas yang padat, atau HySecurity Slide Driver dengan baterai cadangan saat listrik mengalami pemadaman. Operator akan bekerja sama dengan komponen gerbang lainnya sehingga meningkatkan keamanan.

2.      Operator untuk Gerbang Ayun

Selain gerbang geser, beberapa tempat juga menggunakan gerbang ayun. Keduanya memiliki bentuk yang sama, tetapi mempunyai cara membuka atau menutup yang berbeda, di mana gerbang ayun membuka secara mengayun dan bukan bergeser. Kemudian, seperti gerbang geser, operator untuk gerbang ayun juga mempertimbankan jenis, panjang, berat, dan siklus penggunaan gerbang.

Di lapangan terdapat jenis-jenis operator ayun yang mempengaruhi cara kerja gerbang tersebut. Contohnya adalah LiftMaster Linear Actuator dan HySecurity Swing Smart DC. Keduanya memiliki keunggulan masing-masing, seperti menawarkan komunikasi nirkabel untuk LiftMaster Linear Actuator. Sedangkan, HySecurity Swing Smart DC memiliki kecepatan yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan dan memiliki hardware premium.

3.      Operator Palang parkir

Operator gerbang yang terakhir adalah operator palang parkir. Operator ini berperan untuk mengontrol lalu lintas di area tertentu. Dengan adanya operator, komponen palang parkir dapat mengangkat lengan ke atas atau ke bawah secara efektif. Operator mampu menggerakkan lengan dengan ukuran yang beragam, mulai dari panjang 1,5 sampai 16 meter.

Dalam memilih operator, sebaiknya mempertimbangkan panjang, berat, dan siklus penggunakan palang parkir tersebut. Contoh-contoh operator palang parkir adalah Hidraulik Standar FAAC, M-Bar Apollo, HySecurity StrongArmPark DC, dan lain-lain. Pada umumnya, operator yang sesuai akan berperan optimal sekaligus menyebabkan palang parkir selalu awet. Alhasil, kamu dapat menghemat biaya.

Demikian jenis-jenis operator yang berperan  untuk menggerakkan gerbang guna meningkatkan keamanan. Operator kerap dijual di paket yang sama dengan gerbang geser, gerbang ayun, atau palang parkir. Ada baiknya berkonsultasi dengan para ahli mengenai operator yang cocok. Pasalnya, memilih operator gerbang juga memperhatikan aspek-aspek tertentu, seperti panjang, berat, dan siklus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s