Memilih Jenis Lengan Palang Parkir Sesuai Area dan Kebutuhan

Wishbone Gate

Salah satu komponen palang parkir adalah palang atau lebih populer disebut lengan palang parkir (arm barrier gate). Lengan tersebut didesain berbeda-beda sesuai jenis-jenis palang parkir. Lengan ini dapat membuka dan menutup secara otomatis atau membutuhkan bantuan operator. Jenis-jenis lengan juga menjadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli alat parkir tersebut.

Misalnya jika berada di kawasan komersial atau industri seperti bandara dan pabrik, kamu kerap menjumpai palang parkir dengan lengan standar atau tunggal. Lengan ini juga memiliki ukuran yang beragam, mulai dari 4,3 meter untuk merek StrongArm 14F, 6 meter untuk StrongArm 20, 11 meter untuk StrongArm 36, dan lain-lain.

Mengenal Jenis-Jenis Lengan Palang Parkir

Tahukah kamu bahwa lengan sebuah palang parkir dapat menentukan kualitas palang parkir tersebut? Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan kualitas komponen ini, seperti mengamati material pembuatnya, desain lengan, sampai memerhatikan apakah lengan tampak cacat atau tidak. Pasalnya, lengan merupakan komponen utama yang mampu memengaruhi peran palang parkir di lapangan.

1.      Jenis Lengan Palang Standar

Jenis ini merupakan sesuatu yang umum di masyarakat. Pasalnya, lengan palang jenis standar atau tunggal kerap ditempatkan di lokasi komersial atau industri. Misalnya adalah bandara, stasiun, jalan tol, dan lain-lain. Palang ini juga didesain untuk area dengan lalu lintas tinggi sehingga memiliki ketahanan optimal, khususnya untuk membuka dan menutup.

Lengan palang parkir standar juga memiliki panjang bervariasi, bahkan sampai 15 meter dengan berat 25 lbs. Pada umumnya, lengan terbuat dari material stainless steel sehingga tetap awet dan mampu membuka atau menutup dengan kecepatan optimal. Lengan juga memiliki warna-warna yang cerah, seperti oranye, merah, putih atau kombinasi warna-warna tertentu.

2.      Jenis Lengan Palang Wishbone

Lengan wishbone tergolong sebagai lengan khusus yang hanya dijumpai di tempat-tempat tertentu. Misalnya adalah palang parkir yang kerap dipakai untuk mengontrol lalu lintas di area yang lebar, seperti di dermaga atau lokasi industri. Lengan ini terbuat dari material yang berbeda, sebab memiliki beban kerja yang lebih berat.

Di sisi lain, lengan palang jenis wishbone tidak tergolong sebagai lengan tunggal, melainkan tergolong lengan ganda yang memiliki stabilitas. Lengan ini juga memiliki ukuran yang lebih panjang dan berat jika dibandingkan lengan standar, yakni mencapai 15 sampai 28 meter. Biasanya, lengan wishbone dipasang di sisi kanan atau kiri jalan.

3.      Memilih Kontrol Lengan

Lengan palang parkir seperti standar atau wishbone memang didesain dengan fitur yang berbeda. Oleh karena itu, terdapat opsi mengenai pengontrolan lengan, di mana terdapat lebih dari satu cara untuk mengontrol pergerakan lengan sebuah palang parkir. Pengontrolan cenderung berbeda-beda sesuai kebutuhan sekaligus berdasarkan sistem palang parkir yang dipakai.

Jika menggunakan palang parkir otomatis, maka kamu dapat mengontrol lengan jenis standar atau wishbone dengan jarak jauh, yakni memakai aplikasi pintar, entri telepon, pembaca lencana, dan lain-lain. Hal ini sebenarnya tergantung dengan perangkat kontrol yang dipakai. Sebaiknya, memilih opsi pengontrolan terefektif melalui konsultasi dengan pihak-pihak profesional.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis lengan yang ada dalam sebuah palang parkir. Selain itu, setiap lengan juga memiliki opsi kontrol yang berbeda. Oleh karena itu, cobalah untuk berkonsultasi dengan produsen palang parkir untuk menentukan jenis lengan palang parkir yang sesuai, apakah lengan standar atau wishbone untuk area dan kebutuhan tertentu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s