Mengintip Palang Parkir Tenaga Surya yang Ramah Lingkungan

Palang Parkir dengan Tenaga Surya

Tidak hanya menggunakan listrik sebagai sumber energi, tetapi terdapat palang parkir tenaga surya yang menggunakan energi matahari. Palang ini tergolong sebagai palang parkir otomatis sehingga membutuhkan sistem operasi tertentu. Kemudian, palang ini menjadi angin segar di dunia palang parkir modern, sebab mampu mengkampanyekan perihal hemat energi dan mencintai lingkungan.

Apalagi, tren back to nature mulai populer untuk remaja dan orang tua di zaman modern. Dampaknya, orang-orang tertarik pada hal-hal yang ramah lingkungan meski dibanderol dengan harga yang mahal. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab lingkungan mulai menunjukkan berkurangnya kualitas daya dukung dan mengalami kerusakan akibat berbagai ulah manusia.

Mengintip Palang Parkir Tenaga Surya

Sayangnya, palang parkir dengan tenaga surya belum dikenal banyak orang, apalagi digunakan negara-negara berkembang seperti di Indonesia. Akan tetapi, palang ini terus berkembang dan menjadi populer sebagai solusi untuk mengurangi energi listrik dan menghemat biaya operasional. Nah, jika tertarik dengan palang parkir ramah lingkungan, cobalah untuk membaca artikel ini.

1.      Palang Parkir Ramah Lingkungan Dikenal di Triton College

Pada awalnya, palang parkir dengan tenaga surya dikenal melalui Triton College. Secara sederhana, Triton College merupakan lembaga pendidikan di Cook County, Illinois. Lembaga ini membutuhkan palang parkir untuk mengontrol akses kendaran yang masuk atau keluar. Akan tetapi, terdapat kendala operasional terkait sistem penyaluran listrik yang tidak optimal menuju halaman.

Palang parkir tenaga surya kemudian menjelma sebagai solusi. Pasalnya, orang-orang pada akhirnya memutuskan untuk menambahkan ELKA Solar Powered Vehicle guna menyimpan panas matahari sebagai energi di hari yang cerah. Alhasil, palang parkir dilengkapi panel surya, baik berwarna hitam atau abu-abu yang dapat terlihat jelas oleh pejalan kaki atau pengendara.

2.      Menggunakan Baterai yang Diisi Ulang Oleh Panel Surya

Pada umumnya, palang parkir dengan tenaga surya dapat berperan optimal dengan daya dukung baterai khusus. Baterai-baterai ini mampu menyimpan energi matahari yang diterima panel surya sehingga dapat membuka atau menutup untuk meningkatkan keamanan. Oleh karena itu, palang parkir sebaiknya berada di tempat terbuka atau terkena matahari secara langsung.

Selain itu, baterai tenaga surya juga didesain agar mampu beroperasi selama 12 jam. Artinya, baterai mampu membuka dan menutup palang sebanyak 300 kali sebelum kembali diisi ulang menggunakan energi matahari. Dengan demikian, palang parkir ini tergolong sebagai palang parkir yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan dampak negatif untuk orang-orang.

3.      Sistem Kerja

Palang parkir tenaga surya pada umumnya memiliki sistem kerja seperti palang otomatis lainnya. Saat kendaran mendekati lengan palang parkir, maka loop detektor merasakan kehadiran kendaraan sehingga menyalakan akses masuk. Tentu saja, hal ini terkait operator palang parkir. Oleh karena itu, palang parkir dengan tenaga surya tetap tergolong sederhana.

Di sisi lain, komponen-komponen yang berbeda terdapat di perangkat sumber energi, yakni tentang penambahan panel surya dan baterai untuk menyimpan energi panas matahari. Alhasil, kamu juga membutuhkan perawatan secara ekstra dan memerlukan profesional untuk mengoptimalkan kinerja palang parkir. Soalnya, kamu tidak ingin merusak palang parkir yang ramah lingkungan, kan?

Demikian ulasan mengenai palang parkir dengan tenaga surya yang terus berkembang. Sebaiknya, palang parkir jenis ini digunakan untuk area-area outdoor yang memperoleh panas matahari sepanjang hari. Palang parkir tenaga surya juga memiliki berbagai benefit, khususnya tergolong sebagai palang parkir yang ramah lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s