Pakai Aksesori Palang Parkir untuk Optimalkan Tingkat Keamanan

Spikes and Barrier Gate System

Palang parkir merupakan alat yang dipakai untuk meningkatkan keamanan dengan membatasi jumlah kendaraan yang masuk atau keluar. Hal ini kian optimal melalui aksesori palang parkir, khususnya aksesori di bagian lengan untuk meningkatkan fungsi-fungsi palang parkir itu sendiri. Selain itu, aksesori ini juga memiliki estetika untuk menciptakan gambaran yang glamor.

Mayoritas palang parkir di tempat-tempat tertentu, baik palang parkir manual atau otomatis juga dilengkapi dengan aksesori-aksesori yang sesuai. Biasanya, aksesori dipilih untuk memenuhi kebutuhan pengelola, seperti aksesori spikes, sistem operasi koin, proximity readers, atau lampu lalu lintas. Aksesori sebenarnya memiliki sifat sebagai alat-alat tambahan agar melengkapi fungsi-fungsi palang parkir.

Aksesori Palang Parkir sebagai Pelengkap

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, aksesori didefinisikan sebagai barang-barang tambahan yang berperan sebagai pelengkap atau sekedar memperindah sesuatu. Tanpa aksesori, artinya palang parkir tetap dapat berfungsi optimal. Akan tetapi, dengan menambahkan aksesori, sebuah palang parkir mampu mengoptimalkan peran-peran sebelumnya. Dengan demikian, menambahkan aksesori bukan sebuah kewajiban, tetapi tetap disarankan.

1.      Spikes

Mungkin, kamu merasa asing dengan spikes atau alas berduri yang kerap diletakkan di bawah lengan palang parkir manual atau otomatis. Aksesori ini menjelma sebagai pelengkap untuk mengoptimalkan tingkat keamanan sekaligus mengontrol lalu lintas secara high level. Pasalnya, kendaraan di arah tertentu tidak dapat melalui spikes atau ban mengalami kerusakan.

Aksesori palang parkir ini juga dipakai untuk mengatur lalu lintas, seperti akses satu arah atau malah membatasi akses secara total. Misalnya, spikes membatasi kendaraan memasuki area tertentu, tetapi kendaraan di area tersebut tetap dapat meninggalkan area. Hal ini disebabkan paku-paku khusus sehingga memungkinkan spikes mampu melakukan aktivitas tersebut.

2.      Sistem Operasi Koin

Aksesori paling umum yang terdapat pada palang parkir adalah sistem operasi koin. Sistem ini terkait pembayaran ketika memasuki area tertentu. Sistem operasi koin dirancang untuk menerima pembayaran dengan koin, kertas, atau kartu kredit. Akan tetapi, tetap dapat dipasang mesin khusus agar pembayaran hanya melibatkan koin sehingga mempermudah pengelola.

3.      Proximity Readers

Jika sebuah palang membuka otomatis saat kendaraan akan melaluinya, kemungkinan palang tersebut memakai aksesori tambahan, yakni proximity readers. Aksesori ini dapat didefinisikan sebagai mesin pembaca yang mampu memproses akses secara cepat. Biasanya, proximity readers berfungsi melalui perangkat, kartu, atau kode batang yang sengaja dipasang di kendaraan.

4.      Lampu Lalu Lintas

Aksesori palang parkir yang terakhir adalah lampu lalu lintas. Lampu ini menginformasikan apakah pengendara dapat memajukan kendaraan secara aman atau tidak. Hal ini menjadi prioritas saat lalu lintas dalam keadaan padat atau lambat, di mana terdapat tekanan untuk bergerak maju. Lampu ini juga meminimalkan risiko untuk menabrak palang parkir.

Biasanya, lampu lalu lintas yang kerap dipakai sebagai aksesori hanya memiliki dua warna, yakni merah untuk berhenti atau hijau untuk terus bergerak. Di sisi lain, aksesori ini juga memiliki perbedaan dengan rambu variabel untuk menunjukkan apakah terdapat area parkir yang kosong tidak. Jadi, kamu dapat membedakan keduanya dengan mudah.

Demikian ulasan aksesori tambahan untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi palang parkir sebelumnya. Nah, jika kamu menginginkan tingkat keamanan optimal, maka aksesori-aksesori ini menjadi prioritas. Akan tetapi, hal ini kembali pada kebutuhan tiap-tiap area. Oleh karena itu, spikes, sistem operasi koin, proximity readers, atau lampu lalu lintas tergolong sebagai aksesori palang parkir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s